Makalah ini dibuat oleh Dhani F.A. dan Hidayatul Wahidah guna memenuhi tugas mata kuliah IAD, IBD, dan ISD pada jurusan Perbandingan Agama semester I t.a. 2008/2009
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Saat ini, banyak sekali orang yang kurang mengerti dengan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD), padahal Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) merupakan ilmu yang sangat penting yang banyak membahas tentang hubungan manusia dengan alam(IAD),produk/karya(cipta, rasa, karsa) manusia – ekspresi manusia(IBD), hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungannya(ISD).
Di sampning itu, makalh ini kami tujukan untuk melenkapai tugas makalah mata kuliah ilmu kalam I.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
2. Apa tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
3. Apa ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
4. Apa urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
C. Tujuan
1. Untuk mengatahui pegertian dari Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
2. Untuk mengetahui tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
3. Untuk mengetahui ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
4. Untuk mengetahui urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
Saat ini, banyak sekali orang yang kurang mengerti dengan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD), padahal Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) merupakan ilmu yang sangat penting yang banyak membahas tentang hubungan manusia dengan alam(IAD),produk/karya(cipta, rasa, karsa) manusia – ekspresi manusia(IBD), hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungannya(ISD).
Di sampning itu, makalh ini kami tujukan untuk melenkapai tugas makalah mata kuliah ilmu kalam I.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
2. Apa tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
3. Apa ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
4. Apa urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) ?
C. Tujuan
1. Untuk mengatahui pegertian dari Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
2. Untuk mengetahui tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
3. Untuk mengetahui ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
4. Untuk mengetahui urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD).
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
1. Pengertian Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
Ilmu alamiah dasar(IAD) adalah suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan nya bersifat dinamis yang dapat mendukung perkembangan teknologi yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan manusia, namun jika ilmu itu tidak darahkan pemanfaatannya justru akan merugikan manusia, bahkan bias menghancurkan peradaban manusia itu sendiri.
Dalam al Quaran surat Yunus ayat 10 Allah swt berfirman:
.......(ditulis arabnya).......
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, Kemudian dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus 3)
2. Pengertian Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Ilmu budaya dasar(IBD) adalah suatu ilmu yang diberikan sebagai pelengkap pembentukan sarjana paripurna, yang mampu memecahkan persoalan yang timbul dalam lingkungan masyarakat yang merupakan unsur penting dalam proses pembangunan suatu bangsa.
3. Pengertian Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Ilmu social dasar(ISD) adalah suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan ISD ini sejalan dengan realisasi perkembangan ide dan pembaruan system pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. ISD ini dipergunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah social yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Dalam al Quran surat al Hujurat ayat 13 Allah swt berfirman:
.......(ditulis arabnya).......
Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.(Q.S. al Hujurat 13)
B. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
1. Tujuan ilmu alamiah dasar(IAD)
Tujuan umum ilmua alamiah dasar(IAD) adalah untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi manusia, dengan kata lain untuk menguasai, mengendaliakan, serta memanfaatkan alam.
2. Tujuan Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Tujuan umum ilmu budaya dasar(IBD) ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya, baik yang menyangkut diri sendiri maupun yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, ilmu budaya dasar(IBD) diharapkan dapat:
a. Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, utamanya untuk kepentingan profesi mereka.
b. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kebudayaan dan budaya.
c. Mengusahakan agar para mahasiswa, contoh pemimpin bangsa dan ahli di bidang masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotaan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi kerena ruang lingkup pendidikan kita sangat sempit dan cenderung menghasilkan manusia spesialis yang berpandangan kurang luas, mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menaggapi nilai-nilai dan masalah dalam masyarakat lingkungan mereka khususnya dan masalah serta nilai umumnya tanpa terlalu terikat oleh disiplin ilmu mereka.
d. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi kita agar mereka mampu berdialog satu dan lainnya. Dengan memiliki bekal yang sama, para akademisi diharapkan lebih lancer dalam berkomunikasi, kalau cara berkomunikasinya sudah baik, langkah selanjutnya adalah memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun penting, spesialisasi yang terlalu sempit membuat dunia seorang sarjana menjadi semakin sempit. Masyarakat yang percaya terhadap pentingnya modernisasi tidak dapat dimanfaatkan secara penuh sarjana seperti itu sebab proses modernisasi memerlukan orang yang berpandangan luas.
Sesuai dengan materi yang disajikan dalam makalah ini, maka tujuan ilmu budaya dasar(IBD) secarah keseluruhan ialah:
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu budaya dasar(IBD).
b. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti kasih saying, kemesraan, dan pemujaan.
c. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti keindahan.
d. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti penderitaan.
e. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti keadilan bagi kehidupan manusia.
f. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti pandangan hidup.
g. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti tanggung jawab bagi kehidupan manusia.
h. Mahasiswa dapat mengetahui tentang seluk beluk kegelisahan hubunganya dengan kehidupan manusia.
i. Mahasiswa mengetahui seluk-beluk harapan dalam kehidupan.
Dapat diperinci secara singkat bahwa tujuan ilmu budaya dasar(IBD) ialah:
a. Menjadikan mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
b. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat, hormat-menghormati serta memiliki simpati pada nilai-nilai lain yang hidup pada masyarakat.
c. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
d. Menambah kemampuan mahasiswa untuk menaggapi masalah nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia tanpa harus terpikat oleh disiplin mereka.
e. Mahasiswa mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
f. Memenuhi tuntunan dari Tridarma perguruan tinggi, khususnya darma pendidikan.
3. Tujuan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Tujuan dari ilmu social dasar(ISD) adalah untuk mencari pemecahan masalah kemasyarakatan melalui interdisipliner maupun multidisipliner ilmu-ilmu social.
C. Ruang Linkup dan Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
1. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
a. Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD):
1) Kelahiran alam semesta
2) Tata surya
3) Bumi
4) Perkembagan variebilitas makhluk hidup
5) Asal mula kehidupan di bumi
b. Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
Untuk mengetahui hukum alam beserta keteraturannya, untuk mengetahui cikal bakal ilmu alam, untuk mengetahui perkembangan ilmu alam. Dan pada akhirnya manusia dapat memanfaatkan alam semaksimal mungkin dan melestarikannya.
2. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Bertitik tolak dari kerangka tujuan, ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar(IBD) meliputi:
a. Berbagai aspek kehidupan yang mengunkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya(the humanities), baik dari segi keahlian(disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidakseragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
Dengan menilik kedua masalah pokok di atas, tampaklah bahwa mnusia menempati posisi sentral dalam pengkajian, manusia tidak saja sebagai subyek, melainkan sekaligus sebagai obyek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam ilmu budaya dasar(IBD).
Kedua masalah pokok tersebut, masih memerlukan penjabaran lebuh lanjut, rumusan masalah yang akan dikaji dalam limu budaya dasar(IBD) diformasikan ke dalam suatu tema, yaitu manusia sebagai makhluk budaya, tema ini dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa pokok bahsan, yaitu:
a. Latar belakang ilmu budaya dasar(IBD)
b. Konsepsi ilmu budaya dasar(IBD) dalam kesusastraan, seni rupa, dan seni musik
c. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam agama
d. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam filsafat
e. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam keindahan
f. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam hubungan manusia dan cinta kasih, penderitaan, dan keadilan
g. Manusia dan pandangan hidup
h. Manusia dan tanggung jawab
i. Manusia dan kegelisahan, ketentraman
j. Manusia dan harapan
Dari pengembangan masalah tersebut, tampak orientasi bahwa dalam ilmu budaya dasar(IBD) tidak terlepas dari masalah masalah manusia dan kebudayaannya.
Kesepuluh pokok bahasan di atas pada dasarnya termasuk karya yang mencangkup dalam pengetahuan budaya(the humanities), sebagaimana telah dikemukakan, semua okok bahasan itu ditujukan untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar(IBD), baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang, perwujudan cinta kasih, misalnya, terdapat dalam karya sasra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya, yang semuanya merupakan benda-benda budaya. Untuk itu, pokok bahasan mengenai manusia dan cinta ksih dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.
Dengan penyusunan semacam itu, mahasiswa diharapkan lebih mudah mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.
3. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Berpangkal pada tujuan di atas, ada 2 masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu sosial dasar(ISD), yaitu:
a. Ada berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan suatu masalah sosial. Biasanya, masalah sosial dapat ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda pula, baik sebagi pendekatan tersendiri, maupun gabungan(antar bidang).
b. Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempuyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tetapi memiliki banyaknya persamaan yang menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan-hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat itu.
Berdasarkan ruang lingkup kajian tersebut, masih diperlukan penjabaran lebih lanjut untuk bisa dioperasionalkan, yaitu dalam beberapa pokok bahasan/urgensi-urgensi dan sub pokok bahasan.
Berdasarkan konsorsium antar bidang, perkuliahan ilmu sosial dasar(ISD) dibagi dalam delapan poko bahasan, sehingga mahasiswa diharapkan:
a. Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b. Mempelajari dan menyadari adnya masalah-masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
c. Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
1. Pengertian Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
Ilmu alamiah dasar(IAD) adalah suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan nya bersifat dinamis yang dapat mendukung perkembangan teknologi yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan manusia, namun jika ilmu itu tidak darahkan pemanfaatannya justru akan merugikan manusia, bahkan bias menghancurkan peradaban manusia itu sendiri.
Dalam al Quaran surat Yunus ayat 10 Allah swt berfirman:
.......(ditulis arabnya).......
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, Kemudian dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus 3)
2. Pengertian Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Ilmu budaya dasar(IBD) adalah suatu ilmu yang diberikan sebagai pelengkap pembentukan sarjana paripurna, yang mampu memecahkan persoalan yang timbul dalam lingkungan masyarakat yang merupakan unsur penting dalam proses pembangunan suatu bangsa.
3. Pengertian Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Ilmu social dasar(ISD) adalah suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangan ISD ini sejalan dengan realisasi perkembangan ide dan pembaruan system pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. ISD ini dipergunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah social yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.
Dalam al Quran surat al Hujurat ayat 13 Allah swt berfirman:
.......(ditulis arabnya).......
Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.(Q.S. al Hujurat 13)
B. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
1. Tujuan ilmu alamiah dasar(IAD)
Tujuan umum ilmua alamiah dasar(IAD) adalah untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi manusia, dengan kata lain untuk menguasai, mengendaliakan, serta memanfaatkan alam.
2. Tujuan Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Tujuan umum ilmu budaya dasar(IBD) ialah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya, baik yang menyangkut diri sendiri maupun yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, ilmu budaya dasar(IBD) diharapkan dapat:
a. Menajamkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, utamanya untuk kepentingan profesi mereka.
b. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kebudayaan dan budaya.
c. Mengusahakan agar para mahasiswa, contoh pemimpin bangsa dan ahli di bidang masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotaan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi kerena ruang lingkup pendidikan kita sangat sempit dan cenderung menghasilkan manusia spesialis yang berpandangan kurang luas, mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menaggapi nilai-nilai dan masalah dalam masyarakat lingkungan mereka khususnya dan masalah serta nilai umumnya tanpa terlalu terikat oleh disiplin ilmu mereka.
d. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi kita agar mereka mampu berdialog satu dan lainnya. Dengan memiliki bekal yang sama, para akademisi diharapkan lebih lancer dalam berkomunikasi, kalau cara berkomunikasinya sudah baik, langkah selanjutnya adalah memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun penting, spesialisasi yang terlalu sempit membuat dunia seorang sarjana menjadi semakin sempit. Masyarakat yang percaya terhadap pentingnya modernisasi tidak dapat dimanfaatkan secara penuh sarjana seperti itu sebab proses modernisasi memerlukan orang yang berpandangan luas.
Sesuai dengan materi yang disajikan dalam makalah ini, maka tujuan ilmu budaya dasar(IBD) secarah keseluruhan ialah:
a. Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu budaya dasar(IBD).
b. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti kasih saying, kemesraan, dan pemujaan.
c. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti keindahan.
d. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti penderitaan.
e. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti keadilan bagi kehidupan manusia.
f. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti pandangan hidup.
g. Mahasiswa mengetahui dan memahami arti tanggung jawab bagi kehidupan manusia.
h. Mahasiswa dapat mengetahui tentang seluk beluk kegelisahan hubunganya dengan kehidupan manusia.
i. Mahasiswa mengetahui seluk-beluk harapan dalam kehidupan.
Dapat diperinci secara singkat bahwa tujuan ilmu budaya dasar(IBD) ialah:
a. Menjadikan mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
b. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat, hormat-menghormati serta memiliki simpati pada nilai-nilai lain yang hidup pada masyarakat.
c. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
d. Menambah kemampuan mahasiswa untuk menaggapi masalah nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia tanpa harus terpikat oleh disiplin mereka.
e. Mahasiswa mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
f. Memenuhi tuntunan dari Tridarma perguruan tinggi, khususnya darma pendidikan.
3. Tujuan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Tujuan dari ilmu social dasar(ISD) adalah untuk mencari pemecahan masalah kemasyarakatan melalui interdisipliner maupun multidisipliner ilmu-ilmu social.
C. Ruang Linkup dan Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD)
1. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
a. Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar(IAD):
1) Kelahiran alam semesta
2) Tata surya
3) Bumi
4) Perkembagan variebilitas makhluk hidup
5) Asal mula kehidupan di bumi
b. Urgensi Ilmu Alamiah Dasar(IAD)
Untuk mengetahui hukum alam beserta keteraturannya, untuk mengetahui cikal bakal ilmu alam, untuk mengetahui perkembangan ilmu alam. Dan pada akhirnya manusia dapat memanfaatkan alam semaksimal mungkin dan melestarikannya.
2. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Budaya Dasar(IBD)
Bertitik tolak dari kerangka tujuan, ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar(IBD) meliputi:
a. Berbagai aspek kehidupan yang mengunkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya(the humanities), baik dari segi keahlian(disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
b. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidakseragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
Dengan menilik kedua masalah pokok di atas, tampaklah bahwa mnusia menempati posisi sentral dalam pengkajian, manusia tidak saja sebagai subyek, melainkan sekaligus sebagai obyek pengkajian, bagaimana hubungan manusia dengan alam, sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam ilmu budaya dasar(IBD).
Kedua masalah pokok tersebut, masih memerlukan penjabaran lebuh lanjut, rumusan masalah yang akan dikaji dalam limu budaya dasar(IBD) diformasikan ke dalam suatu tema, yaitu manusia sebagai makhluk budaya, tema ini dikembangkan lebih lanjut dalam beberapa pokok bahsan, yaitu:
a. Latar belakang ilmu budaya dasar(IBD)
b. Konsepsi ilmu budaya dasar(IBD) dalam kesusastraan, seni rupa, dan seni musik
c. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam agama
d. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam filsafat
e. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam keindahan
f. Ilmu budaya dasar(IBD) dalam hubungan manusia dan cinta kasih, penderitaan, dan keadilan
g. Manusia dan pandangan hidup
h. Manusia dan tanggung jawab
i. Manusia dan kegelisahan, ketentraman
j. Manusia dan harapan
Dari pengembangan masalah tersebut, tampak orientasi bahwa dalam ilmu budaya dasar(IBD) tidak terlepas dari masalah masalah manusia dan kebudayaannya.
Kesepuluh pokok bahasan di atas pada dasarnya termasuk karya yang mencangkup dalam pengetahuan budaya(the humanities), sebagaimana telah dikemukakan, semua okok bahasan itu ditujukan untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar(IBD), baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang, perwujudan cinta kasih, misalnya, terdapat dalam karya sasra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya, yang semuanya merupakan benda-benda budaya. Untuk itu, pokok bahasan mengenai manusia dan cinta ksih dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut.
Dengan penyusunan semacam itu, mahasiswa diharapkan lebih mudah mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.
3. Ruang Lingkup dan Urgensi Ilmu Sosial Dasar(ISD)
Berpangkal pada tujuan di atas, ada 2 masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu sosial dasar(ISD), yaitu:
a. Ada berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan suatu masalah sosial. Biasanya, masalah sosial dapat ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda pula, baik sebagi pendekatan tersendiri, maupun gabungan(antar bidang).
b. Adanya berbagai golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempuyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri, tetapi memiliki banyaknya persamaan yang menyebabkan adanya pertentangan maupun hubungan-hubungan setia kawan dan kerja sama dalam masyarakat itu.
Berdasarkan ruang lingkup kajian tersebut, masih diperlukan penjabaran lebih lanjut untuk bisa dioperasionalkan, yaitu dalam beberapa pokok bahasan/urgensi-urgensi dan sub pokok bahasan.
Berdasarkan konsorsium antar bidang, perkuliahan ilmu sosial dasar(ISD) dibagi dalam delapan poko bahasan, sehingga mahasiswa diharapkan:
a. Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b. Mempelajari dan menyadari adnya masalah-masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
c. Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Ilmu alamiah dasar(IAD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusia dengan alam.
2. Ilmu budaya dasar(IBD) adalah ilmu yang membahas produk/karya(cipta, rasa, karsa) manusia.
3. Ilmu sosial dasar(ISD) adalah ilmu yang membahas hubungan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungan.
4. Tujuan Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) adalah agar manusia lebih mudah dalam menjalani kehidupan di dunia(alam) ini.
5. Ruang lingkup ilmu alamiah dasar(IAD) adalah alam semesta.
6. Ruang lingkup ilmu budaya dasar(IBD) adalah produk/karya manusia.
7. Ruang lingkup ilmu sosial dasar(ISD) adalah manusia dan lingkungannya.
B. Saran
1. Diharapkan mahasiswa yang maupun masyarakat luas yang telah memahami Ilmu Alamiah Dasar(IAD), Ilmu Budaya Dasar(ISD), dan Ilmu Sosial Dasar(ISD) untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
DAFTAR PUSTAKA
Mawardi dkk.2007.Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar(IAD – IBD – ISD).Bandung: Pustaka Setia
Yahya, Harun.2003.Penciptaan Alam Raya.Bandung: Cikutra
Abdalati, Hammudah.1986.Islam Suatu Kepastian.Riyadh: National Offset Printing Press
Tidak ada komentar:
Posting Komentar